Makanan Sehat dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Contoh bentuk makanan sehat

Arti Makanan Sehat

Makanan sehat merupakan makanan yang bebas dari bahan berbahaya dan mengandung gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Bahan berbahaya yang dimaksud seperti pewarna msi, pengawet dan pemanis buatan. Sedangkan, gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, air, dan mineral.

Makanan bergizi merupakan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh kita. Tuhan menciptakan manusia dengan susunan yang sebegitu sempurna sehingga memerlukan pula zat gizi yang lengkap sebagai penyusunnya (protein, karbohidrat, lemak, vitamin, air dan mineral). Makanan bergizi itu tidak perlu dan tidak selalu mahal, tapi harus sehat dan bergizi yang juga mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh kita, seperti :

Jenis-Jenis Makanan Sehat

1. Buah-Buahan

Buah-buahan segar

Makanan manis dan bergizi ini sangat mudah dimasukkan ke dalam makanan Anda karena hanya memerlukan sedikit atau tanpa persiapan. Berikut contoh buah-buahan dan kandungannya:

Apel

Apel kaya serat, vitamin C, dan banyak antioksidan. Mereka sangat mengenyangkan dan membuat camilan yang sempurna jika Anda merasa lapar di antara waktu makan.

Alpukat

Alpukat berbeda dari kebanyakan buah-buahan karena mereka sarat dengan lemak sehat, bukan karbohidrat. Tidak hanya teksturnya yang lembut dan gurih, tetapi juga tinggi serat, kalium, dan vitamin C.

Pisang

Pisang adalah salah satu sumber kalium terbaik dunia. Mereka juga tinggi vitamin B6 dan serat, serta nyaman dan portabel.

Blueberry

Blueberry tidak hanya lezat tetapi juga salah satu sumber antioksidan paling kuat di dunia.

Jeruk

Jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya. Terlebih lagi, mereka kaya akan serat dan antioksidan.

Stroberi

Stroberi sangat bergizi dan rendah karbohidrat dan kalori.

Mereka sarat dengan vitamin C, serat, dan mangan dan bisa dibilang di antara makanan paling enak yang ada.

2. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang Almond

Meskipun tinggi lemak dan kalori, kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Makanan ini renyah, mengenyangkan, dan sarat dengan nutrisi penting yang tidak cukup banyak orang dapatkan, termasuk magnesium dan vitamin E. Berikut beberapa contoh kacang-kacangan dan biji-bijian beserta kandungannya:

Almond

Kacang almond adalah kacang populer yang sarat dengan vitamin E, antioksidan, magnesium, dan serat. Studi menunjukkan bahwa almond dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan metabolisme.

Kelapa

Kelapa mengandung serat dan asam lemak kuat yang disebut trigliserida rantai menengah (MCT).

Kenari

Kacang kenari sangat bergizi dan kaya serat serta berbagai vitamin dan mineral.

Kalori untuk kalori, sayuran adalah salah satu sumber nutrisi terkonsentrasi di dunia.

3. Sayur-Sayuran

Ilustrasi sayur-sayuran

Ada banyak variasi yang tersedia, dan yang terbaik adalah memakan banyak jenis yang berbeda setiap hari.

Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang populer. Rendah dalam karbohidrat dan kalori tetapi sarat dengan vitamin K.

Paprika

Paprika tersedia dalam beberapa warna, termasuk merah, kuning, dan hijau. Renyah dan manis, serta merupakan sumber antioksidan dan vitamin C.

Brokoli

Brokoli adalah sayuran silangan yang rasanya enak baik mentah maupun dimasak. Ini adalah sumber serat dan vitamin C dan K yang sangat baik dan mengandung jumlah protein yang cukup dibandingkan dengan sayuran lainnya.

Wortel

Wortel adalah sayuran akar yang populer. Mereka sangat renyah dan sarat dengan nutrisi seperti serat dan vitamin K.

Wortel juga mengandung antioksidan karoten yang sangat tinggi, yang memiliki banyak manfaat.

Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran silangan yang sangat serbaguna. Ini bisa digunakan untuk membuat banyak hidangan sehat – dan juga rasanya enak sendiri.

Mentimun

Mentimun adalah salah satu sayuran paling populer di dunia. Mereka sangat rendah karbohidrat dan kalori, sebagian besar terdiri dari air. Namun, mereka mengandung sejumlah nutrisi dalam jumlah kecil, termasuk vitamin K.

Bawang Putih

Bawang putih sangat sehat. Ini mengandung senyawa organosulfur bioaktif yang memiliki efek biologis yang kuat, termasuk peningkatan fungsi kekebalan (8Trusted Source).

Kale

Kale menjadi semakin populer karena kaya akan serat, vitamin C dan K, dan sejumlah nutrisi lainnya. Itu menambah kerenyahan yang memuaskan pada salad dan hidangan lainnya.

Tomat

Tomat biasanya dikategorikan sebagai sayuran, meski secara teknis merupakan buah. Mereka enak dan sarat dengan nutrisi seperti kalium dan vitamin C.

Manfaat Makanan Sehat

Setelah anda tahu berbagai macam jenis makanan sehat, sekarang akan dipaparkan juga manfaat dari makan makanan sehat sebagai berikut:

1. Makanan sehat seperti buah dan sayur atau chapatti gandum utuh dan roti yang tinggi kandungan seratnya. Serat melepaskan energi secara perlahan, makanan ini membuat perut kita kenyang untuk waktu yang lebih lama dan mengurangi rasa lapar sepanjang hari. Makanan berserat tinggi juga menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat sehingga mengontrol kadar kolesterol dan gula darah Anda.

2. Protein yang Anda peroleh dari daging tanpa lemak dan kacang-kacangan meningkatkan fungsi otak Anda. Makanlah sayuran yang dikukus atau digoreng. Mereka menyimpan semua nutrisi secara utuh tidak seperti makanan yang digoreng yang mengeluarkan nutrisi penting.

3. Makanan sehat tidak diproses sehingga rendah kalori dan tidak kehilangan nilai gizi esensial. Memiliki roti multi-biji-bijian, taoge, makanan rendah lemak (seperti susu skim, paneer atau dadih buatan sendiri) dan buah-buahan akan memberi Anda nutrisi yang baik.

4. Karena makanan sehat ini memmiliki rendah kalori dan lemak, maka itu akan membantu mengontrol berat badan Anda. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi secepatnya dan ikuti diet tinggi kalori rendah serat dengan ketat.

Sekian artikel mengenai makanan sehat dan manfaatnya. Mari mulai hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dari sekarang!

Peringkat: 1 dari 5.
Tidak ada komentar untuk ditampilkan.

Baca Artikel Lainnya

Makanan untuk Penderita Diabetes yang Ampuh Jaga Gula Darah

Menu makanan untuk penderita diabetes memang perlu menjadi perhatian. Sebab, mengonsumsi makanan sembarangan dapat menyebabkan risiko penyakit diabetes atau kencing manis ini menjadi lebih parah bahkan hingga terjadi komplikasi. Kamu perlu segera memperhatikan asupan makanan sehari-hari dengan memilih makanan yang baik untuk kestabilan gula darah. Bagaimana Memilih Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes? Selain dengan…

5 Makanan Sehat Untuk Jantung yang Lebih Baik

Bagaimana cara memperoleh makanan yang baik dan sehat untuk jantung? Apakah mahal? Sulit didapatkan? Sebelum kesana, mari kita bahas jantung terlebih dahulu. Jantung, sebagaimana yang kita ketahui adalah organ paling vital yang terdapat pada raga manusia. Menurunnya kesehatan jantung pada manusia bisa berakibat fatal. Berdasarkan data yang dilansir dari WHO, jumlah penderita jantung di Indonesia…

Resep Makanan Sehat Dan Nikmat Hanya 10 Menit

Silverspoon.Website — Salam para pejuang hebat! Di masa pandemi, banyak temen-temen seperjuangan kita yang sudah WFH. Banyak juga yang mulai bingung memikirkan bagaimana nasib gaya hidup sehat setelah tidak lagi berada di kantor? Yang biasanya tidak perlu pusing karena sudah langganan catering sehat, eh sekarang malah harus jadi salah satu beban pikiran tambahan semasa work…

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai